Bertepatan dengan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2020, Noble Academy mengundang belasan media online, TV maupun media cetak, seperti Liputan 6, Jawa pos, Media Indonesia, Medcom, Republika, Antara News, dll. Topik yang diangkat adalah “Anak Gifted Butuh Penanganan Khusus”, dengan menghadirkan beberapa narasumber; Joel Mewengkang dan Nico Tjahjadi (Murid Noble Academy), Julie Liong (Ibunda Nico), Dr. Evy Tjahjono S.Psi., M.G.E (Dekan Fakultas Psikologi Ubaya) dan Nancy Dinar (Director of Noble Academy).

Di depan para wartawan Joel dan Nico memperagakan kemampuan mereka masing masing yang mengundang decak kagum. Nico yang mampu menyelesaikan Rubik’s Cube dalam waktu kurang dari 12 detik, sedangkan Joel sambil menggambar dia mampu menjelaskan dengan baik tentang beberapa karya ilmiahnya seperti Effects of Climate Change Science Report, Portofolio ART, Portofolio Language Arts, Portofolio Psychology, Project 49.

Kepada awak media, ibu Julie Liong menceritakan pengalamannya di sekolah Nico sebelumnya. Dia sering sekali di panggil kepala sekolah karena Nico dinilai bermasalah dan kurang berprestasi dari segi akademik dibandingkan anak-anak sebayanya. Akhirnya ibu Julie memutuskan untuk berkonsultasi dengan Psikolog anak, disitu baru ketahuan bahwa Nico memiliki IQ jauh diatas anak-anak sebayanya. Setelah mencoba mengikuti kelas STEM di Noble Academyibu Julie dan suami sepakat akhirnya Nico dimasukkan ke Noble Academy. Dia lega karena anaknya mulai bisa tersenyum, tertawa lepas, dan mendapatkan lingkungan yang tepat.

Dr. Evy Tjahjono menjelaskan, anak-anak gifted memiliki ketidaksejajaran antara kemampuan mental dan emosional. Kondisi itulah yang kerap membuat anak-anak gifted frustrasi dengan kehidupan. Mereka bisa memikirkan hal-hal jauh ke depan. Namun, secara emosional, mereka belum mampu memahami hal itu.

Senada dengan Dr Evy, Ms Nancy Dinar selaku pendiri Noble Academy menjelaskan bahwa anak-anak gifted ini hanya membutuhkan lingkungan serta penanganan yang tepat, agar potensi yang ada dalam diri mereka bisa maksimal. Ms. Nancy juga berharap ke depannya biar semakin banyak sekolah atau institusi pendidikan yang peduli terhadap anak-anak gifted ini.

Lewat liputan media-media tersebut kita berharap dapat memperkenalkan dan menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat luas bahwa anak-anak gifted ini butuh penanganan khusus dan lingkungan yang tepat.

Untuk liputannya dapat dilihat di tautan berikut: https://noble.sch.id/news/