Lalisa Manobal atau yang dikenal dengan nama kecilnya Lisa adalah anggota group band terkenal Blackpink. Belum lama ini Lisa menelurkan debut singlenya yang berjudul : Lalisa. Debut ini memecahkan record Youtube karena mendapatkan 73 view pada 24 jam pertama.

Lisa memiliki massive talent: singing, dancing, performing. Ia juga dikenal sebagai seseorang yang memiliki kepribadian karismatik sehingga merebut hati banyak penggemarnya. Lisa adalah KPOP Idol yang paling banyak followernya. Padahal, Lisa satu dari sedikit sekali KPOP Idol yang bukan orang Korea.

Apa saja faktor-faktor yang mendukung kesuksesan Lisa Blackpinck:

  1. Innate talent. Tentu saja, Lisa dikarunia talent yang extraordinary terutama dalam performance. Selain itu Lisa juga menguasai beberapa bahasa memudahkan ia untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan pendukungnya. Tidak bisa disangkal bahwa Lisa memiliki kecerdasan intelijen dan emosi tinggi. Namun innate talent saja tidak akan cukup membawa Lisa sampai pada puncak karier seperti sekarang. Ada faktor pendukung lainnya yaitu:
  2. Kesuksesan luar biasa Lisa tidak bisa terjadi tanpa dukungan keluarga. Orang tua yang mengenali talentanya dan memberikan kesempatan baginya untuk mengembangkan talent tersebut sejak dini. Dan ketika Lisa telah menjadi terkenal, dukungan orang tua juga sangat penting untuk memberikan kestabilan emosi dan psikologis.
  3. Lisa beruntung karena direkrut oleh salah satu perusahaan entertainment Korea yang sedang naik daun. Banyak talent yang tidak terekspose karena tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dan dilatih secara sistematik untuk menjadi extraordinary.
  4. Lisa direkrut YG Entertainment pada saat ia berusia 13 thn. Para juri tertarik dengan talent Lisa serta kepribadiannya. Ia menunjukkan kepribadian yang manis dan menyenangkan baik on stage maupun off stage.
  5. Work Ethic. Bekerja sama dengan entertainment company di Korea yang dikenal sangat rigorous tak pelak lagi membutuhkan disiplin, resiliensi, dan motivasi yang tinggi. Para bintang KPop menjalani training yang berat dan aturan yang ketat Misalkannya, entertainer Korea harus berlatih belasan jam per hari, menjaga berat badan, dan tidak berpacaran.
  6. Untuk suatu extra ordinary success yang sangat jarang terjadi, sering didukung oleh faktor internal yang berada diluar kendali ybs., yaitu momentum. Dalam kasus Lisa, momentumnya karena dunia sedang dilanda K-Wave, sukses sebelumnya bersama dengan group Blackpink, bahkan pandemi dapat menjadi faktor external kesuksesan debutnya.
  7. Yang terakhir, bagi yang percaya bahwa nama membawa keberuntungan, Lalisa berarti : seorang yang dipuji!