Sebelum memasuki semester baru di tahun 2020, Noble Academy mengadakan pelatihan bagi guru-guru mengenai Google virtual reality dan augmented reality dan penggunaannya dalam proses belajar mengajar di kelas. Pelatihan ini dipandu langsung oleh Mr. Steven Sutantro dari google certified trainer, national geographic certified educator, google earth education expert. Beliau sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam melatih penggunaan tekhnologi digital di sekolah-sekolah, lembaga dan berbagai perusahaan negeri maupun swasta.

Kegiatan pelatihan ini bukan hanya dihadiri oleh guru saja, tetapi juga para orang tua murid.

Para guru dan orang tua belajar bersama bagaimana penggunaan aplikasi tekhnologi. Orang tua perlu tahu perkembangan dan penggunaan tekhnologi bagi pendidikan anak mereka. Dengan demikian orang tua bisa mendampangi dan mendukung anak saat belajar dengan menggunakan tekhnologi.

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar para guru dan juga orang tua mengikuti perkembangan tekhnology yang begitu pesat dewasa ini dan juga bagaimana manfaatnya bagi dunia pendidikan. Dalam hal ini, guru harus aktif, kreatif serta inovatif dalam menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan, lebih aktif dan lebih melibatkan para siswa secara langsung dengan menggunakan aplikasi tekhnologi terkini. Sedangkan orang tua berperan mendampingi dan mendukung anak-anak dalam menggunakan tekhnologi dalam pembelajaran mereka.

Banyak materi yang sangat bermanfaat diajarkan di kelas training ini dimana materi-materi tersebut akan sangat membantu proses belajar mengajar di kelas lebih produktif . Pertama, explore the world with google earth. Kedua, virtual reality with google streetview and maps. Ketiga, bring learning to life with expedition. Keempat, create your VR story with google with my maps and tour builder. Semua ini adalah resources yang sangat penting dan bermanfaat dalam terciptanya proses belajar yang efektif baik bagi para guru maupun para siswa.

Dalam pelatihan ini, peserta belajar bagaimana menggunakan google earth dalam proses belajar di kelas. Resource ini sangat menyenangkan dan efektif dalam menunjuang pembelajaran. Karena penggunaanya sangat sederhana dan banyak hal yang bisa dijelajahi dengan tool ini. Dengan adanya resources ini, maka para guru akan lebih mudah dan lebih kreatif menyiapkan materi belajar yang menantang sekaligus menyenangkan. 

View Gallery