Belajar didefinisikan dengan sangat beragam. Secara umum dan sederhana, belajar diartikan sebagai kegiatan yang melibatkan interaksi antara stimulus, yaitu apa yang diberikan guru untuk siswa, dan respon yang adalah tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru dalam bentuk perubahan perilaku. Secara lebih kompleks, belajar juga diartikan sebagai suatu proses internal yang meliputi sikap, nilai-nilai, ketertarikan, apresiasi bahkan perasaan sosial seseorang terhadap dunia nyata. Dengan kata lain, belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

Bentuk nyata dari definisi belajar ini adalah kemunculan metode belajar dalam jaringan (daring), yang dikenal dengan istilah pembelajaran jarak jauh. Itu adalah bentuk pendidikan nonkonvensional dimana kegiatan belajar mengajar dilaksanakan tanpa tatap muka antara guru/instruktur dengan siswa di kelas. Sebaliknya, cara belajar ini menggunakan platform digital yang tersedia sebagai fasilitas komunikasi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sama seperti metode pembelajaran konvensional, kesuksesan metode belajar dalam jaringan ini juga dihasilkan oleh kerjasama yang baik antar pihak-pihak yang terlibat, antara lain siswa, guru, orang tua, dan institusi/sekolah.

Noble Academy percaya bahwa kecerdasan dan bakat istimewa menunjuk pada potensi siswa untuk menjadi pelajar mandiri yang secara aktif bertindak untuk mengenal dan memahami dunia yang mereka minati. Harapanya, mereka akan memberikan kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat melalui karya-karya kreatif yang mereka hasilkan. Noble Academy berkomitmen menyediakan program yang disusun secara efektif dan sistematis. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan kecerdasan dan talenta istimewa sehingga mereka mampu mengaktualisasikan potensi mereka, sekalipun melalui metode pembelajaran jarak jauh.

Masa darurat pandemi Covid-19 yang sedang terjadi sekarang ini memaksa sekolah-sekolah di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk berinovasi dan beradaptasi terhadap perubahan yang ada sekarang.  Merubah sistem pembelajaran dari sistem konvensional menjadi sistem jarak jauh merupakan langkah nyata yang dilakukan sekolah-dalam menghapai pandemic Covid-19. Sistem ini membuat kegiatan belajar dan mengajar tetap berlangsung meskipun dipisahkan oleh jarak.

Menanggapi peraturan pemerintah untuk sementara menghentikan kegiatan belajar-mengajar di sekolah karena pandemic Covid-19, Noble Academy segera menyediakan kegiatan belajar melalui jarak jauh bagi siswa. Para siswa diharuskan menghadiri kelas secara virtual selama lima hari dalam seminggu, dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Para guru memfasilitasi siswa dengan tugas harian dan proyek mandiri bulanan yang harus diselesaikan siswa sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Adapun aplikasi yang kami pakai untuk kelas jarak jauh adalah Google Classroom, Google Hangouts, dan Google Meet sebagai media komunikasi, pemberian dan juga pengumpulan tugas-tugas.

Pada awalnya, guru dan siswa di Noble Academy mengalami beberapa kesulitan tersendiri dalam pelaksanaan metode pembelajaran jarak jauh ini. Minggu pertama berlangsungnya program ini menjadi masa adaptasi bagi guru dan siswa Noble Academy. Gangguan teknis, gangguan motivasi dan konsentrasi siswa selama belajar, menjadi tantangan yang sering dihadapi. Tantangan lainya, siswa hadir terlambat di kelas virtual, tidak langsung merespon instruksi guru karena mungkin perhatian mereka terbagi dengan hal lain yang mereka temui di rumah atau koneksi internet yang tidak mendukung.

Sebagai upaya mengatasi kesulitan tersebut, guru menetapkan struktur dan prosedur belajar jarak jauh yang tentu berbeda dengan prosedur kelas reguler, kemudian secara konsisten melatih siswa menjalankan prosedur tersebut selama proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. Solusi terbilang efektif dalam menjalankan metode pembelajaran sistem jarak jauh. Seiring berjalannya waktu, saat ini baik guru maupun siswa Noble Academy sudah mampu beradaptasi dengan baik.

Selain tantangan, guru-guru Noble Academy juga menemukan hal-hal menarik dari proses belajar jarak jauh. Satu diantaranya adalah fakta bahwa beberapa siswa Noble Academy menunjukkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi dengan metode belajar jarak jauh jika dibandingkan dengan metode belajar konvensional. Mereka mengaku bahwa kepercayaan diri dan konsentrasi belajar mereka muncul lebih baik saat mereka belajar dari rumah. Mereka siap menampakkan perkembangan kemampuan dan motivasi belajar mereka melalui metode pembelajaran dalam jaringan.

Pandemi ini menuntut kesigapan sekolah-sekolah untuk melaksanakan program belajar jarak jauh. Tidak hanya sekolah, siswa, guru bahkan orang tua juga dituntut untuk mau dan mampu bekerjasama dengan baik demi mencapai kesuksesan belajar menggunakan metode jarak jauh.

 

Noble Academy merasa bangga dan berterima kasih kepada para siswa atas kerja keras mereka sehingga semester ini bisa berjalan dengan baik sekalipun dengan metode jarak jauh. Semoga motivasi belajar dan produktivitas yang baik ini terus mereka pertahankan di semester-semester yang akan datang.

Noble Academy juga sangat mengapresiasi para guru yang telah memberikan segala upaya terbaik untuk memfasilitasi para siswa dengan pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan belajar mereka dan mendampingi mereka selama proses belajar berlangsung. Yang tidak kalah pentingnya, Noble Academy berterima kasih atas kerjasama para orang tua siswa yang telah membantu mengawasi dan mendukung para siswa selama belajar dari rumah.

Salam sehat untuk kita semua.