what-is-giftedness
icon toga putih

Apa itu Giftedness?

Gifted

Gifted Students selalu menunjukkan kemampuan tinggi di bidang akademik dan non-akademik, seperti kapasitas kepemimpinan, kemampuan artistik, kreativitas, atau bidang studi tertentu.  

Sedangkan siswa yang kemampuan (atau keterampilan) dan pengetahuannya sangat menguasai setidaknya satu bidang aktivitas manusia dianggap berbakat. Kemampuan mereka termasuk di antara 10 persen dari rekan-rekan mereka yang telah aktif di bidang itu. Siswa berbakat dan berbakat membutuhkan layanan akademik dan kegiatan yang memenuhi kebutuhan emosional, pendidikan, dan fisik mereka untuk berkembang dan menunjukkan potensi mereka sepenuhnya. Mereka juga membutuhkan diferensiasi dalam belajar untuk mengatasi perkembangan asinkron dalam perkembangan intelektual, emosional, dan fisik mereka.

Gifted Students juga menunjukkan karakteristik umum, seperti memori yang sangat baik, idealisme, dan rasa keadilan pada usia dini, menyatukan ide-ide atau hal-hal yang tidak khas, mempelajari keterampilan dasar dengan cepat dan dengan sedikit latihan, menikmati pemecahan masalah, sangat berkembang. rasa ingin tahu, dll. Kriteria ini diamati melalui interaksi mereka dengan lingkungan mereka dan reaksi terhadap segala sesuatu yang menghalangi mereka.

(Undang-undang Pendidikan Siswa Berbakat dan Berbakat Jacob K. Javits tahun 1988 (Judul IV-H.R. 5)

Talented

Siswa, anak-anak yang menunjukkan bukti penguasaan luar biasa dari kemampuan (atau keterampilan) dan pengetahuan yang dikembangkan secara sistematis dalam setidaknya satu bidang aktivitas manusia, ke tingkat yang menempatkan individu di antara 10 persen teratas dari rekan-rekannya yang sedang atau telah aktif di bidang atau bidang tersebut.

(The (Gagne, 2005, hlm. 99))
Sumber: Gagne, F. (2005). Dari Hadiah hingga Bakat: DMGT sebagai model pengembangan.

RJ Sternberg & J.E. Davidson (Eds).
Conception of Giftedness (edisi ke-2.) (hal.98-119).New York: Cambridge University Press.

talented children
problem with gifted and talented children

Masalah yang Dihadapi Gifted Students

Siswa berbakat di sekolah reguler berisiko karena kebutuhan emosional, akademik, dan fisik mereka tidak terpenuhi, sehingga menempatkan mereka dalam bahaya kurang berprestasi atau putus sekolah.

Banyak siswa berbakat, terutama yang sangat berbakat, memiliki perkembangan yang tidak sinkron dalam perkembangan intelektual, emosional, dan fisiknya yang memerlukan pembedaan dalam pembelajaran.

Kesalahpahaman dan diagnosis yang salah tentang keberbakatan sebagai kelainan seperti ADHD, Autisme, Bipolar, ODD, OCD, LD menghalangi siswa berbakat untuk mencapai kapasitas optimal mereka.

Karakteristik Umum Gifted Students

what is gifted
  • Kewaspadaan yang tidak biasa, bahkan pada masa bayi
  • Pelajar cepat; menyatukan pikiran dengan cepat
  • Memori yang luar biasa
  • Kosakata yang luar biasa besar dan struktur kalimat yang kompleks
  • Pemahaman tingkat lanjut tentang nuansa kata, metafora, dan ide abstrak
  • Senang memecahkan masalah, terutama dengan angka dan teka-teki
  • Seringkali keterampilan membaca dan menulis otodidak sebagai anak prasekolah
  • Perasaan dan reaksi yang dalam dan intens
  • Sangat sensitif
  • Berpikir itu abstrak, kompleks, logis, dan berwawasan luas
  • Idealisme dan rasa keadilan di usia dini
  • Prihatin dengan isu-isu sosial dan politik dan ketidakadilan
  • Rentang perhatian yang lebih lama dan konsentrasi yang intens
  • Disibukkan dengan pikiran sendiri—lamun
  • Pelajari keterampilan dasar dengan cepat dan dengan sedikit latihan
  • Mengajukan pertanyaan menyelidik
  • Berbagai minat (atau fokus ekstrem di satu area)
  • Keingintahuan yang sangat berkembang
  • Tertarik untuk bereksperimen dan melakukan sesuatu secara berbeda
  • Menyatukan ide atau hal-hal yang tidak khas
  • Selera humor yang tajam dan/atau tidak biasa
  • Keinginan untuk mengatur orang/benda melalui permainan atau skema yang kompleks
  • Imajinasi yang jelas (dan teman bermain imajiner ketika di prasekolah)