Inquiry-Based Learning
Di Noble Academy, kami juga menerapkan Inquiry-Based Learning, yaitu sistem pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.
Dalam proses pembelajaran di Noble Academy, peserta didik, dengan bimbingan dari guru, belajar secara aktif dalam membentuk atau membangun sendiri pengetahuannya sehingga proses belajar mengajar bukan hanya sekadar transfer ilmu dari guru ke peserta didik saja, tapi di Noble Academy, peserta didik terlibat aktif dalam proses belajar.
Model IBL yang digunakan di Noble Academy yaitu dengan menggunakan model inkuiri terstruktur yaitu learning cycle 5-E model yang terdiri dari proses Engagement, Exploration, Explanation, Elaborate, dan Evaluate.
Pada tahap Engagement, peserta didik akan terlibat dalam mengemukakan pertanyaan sebagai hipotesis berdasarkan fenomena yang dihadirkan oleh guru di kelas, sedangkan pada tahap Exploration, peserta didik di ajak untuk melakukan eksperimen atau mengumpulkan data untuk menjawab hipotesis.Kemudian, pada tahap Explanation, peserta didik akan menjelaskan konsep yang telah mereka pelajari berdasarkan dari tahap exploration sebelumnya. Pada tahap berikutnya, Elaboration, peserta didik akan menerapkan atau mengembangkan konsep yang telah mereka pelajari ke situasi yang baru. Kemudian, pada tahap terakhir, Evaluation, peserta didik akan diberikan kesempatan untuk mengevaluasi proses belajar mereka sendiri berdasarkan dari hasil tahap-tahapan yang mereka alami sebelumnya.